Home –  Tips – Jurus Ampuh Memangkas Pengeluaran di Rumah

Jurus Ampuh Memangkas Pengeluaran di Rumah

pengeluaran rumah tangga

Dalam Pengelolaan keuangan rumah tangga harus menjadi perhatian yang sangat utama dan hal tersebut tidaklah termasuk hal yang mudah. Jika tak pandai-pandai mengatur keuangan, segala kebutuhan akan sulit untuk dipenuhi. Bahkan akan terjadinya lebih besar pasak daripada tiang. Langkah-langkah dibawah ini dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran di rumah.

1. Pergilah Berbelanja di Pasar Tradisional

Berbelanja kebutuhan pokok di pasar modern bukanlah hal yang tepat. Maka rubahlah kebiasaan Anda dengan berbelanja hanya di pasar tradisional. Karena harga barang kebutuhan pokok, terutama bahan masakan, bumbu dapur, dan barang kebutuhan rumah tangga lainnya di pasar tradisional cenderung lebih ekonomis jika dibanding dengan supermarket atau mal. Hal tersebut dapat menekan pengeluaran rumah tangga jika dilakukan dengan rutin.

2. Rencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Buatlah catatn terlebuh dahulu kebutuhan yang harus Anda beli sebelum. Anda dapat memisahkan kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Jadi, saat berbelanja Anda harus berpatokan pada apa yang telah tertulis. Anggaran dana pun harus sesuai dengan yang direncanakan. Menggunakan anggaran tertulis dapat meminimalisasi pengeluaran untuk membelanjakan barang-barang di luar kebutuhan atau yang kurang bahkan tidak diperlukan.

3. Menghemat Pemakaian Listrik

Pemakaian listrik akan sangat berpengaruh pada pengeluaran bulanan rutin. Karena itu, satu-satunya jalan adalah dengan menghemat penggunaan dan pemakaian listrik secara cermat dan bijak. Ada dua cara menghemat listrik yang bisa Anda lakukan, yakni:

  • Menggunakan Produk Hemat Energi
    Gunakanlah produk- produk yang hemat energi yang sekarang ini pun sudah banyak dipasaran. Seperti lampu neon atau lampu LED yang ketahanannya hingga 25 kali lipat dari produk biasa. Anda bisa menekan biaya pengeluaran listrik dengan menghemat energi.
  • Disiplin Menggunakan Listrik
    Efisienkan penggunaan listrik. Pertimbangkan kembali dengan barang-barang yang Anda gunakan seperti televisi, gadget, laptop, microwave, lampu menggunakan daya listrik. Biasakan untuk mematikan atau memutusnya dengan sambungan listrik setelah selesai penggunaan atau penggunaan. Lepaskan semua barang yang tersambung ke lisrik di malam hari sehinga maka Anda sudah menghemat 5% pengeluaran untuk biaya listrik.
  • Perbaiki Pipa dan Keran Air
    Jangan lupa untuk memeriksa dan meneliti kembali setiap keran dan saluran air di rumah Anda. Jika terjadi kebocoran segeralah perbaiki. Jika terjadi kebocoran saluran air, meski hanya kecil namun dapat berkibat fatal jika dibiarkan. Karena itu dapat memperbesar tagihan air, rembesan air juga dapat merusak tembok, kusen-kusen kayu, ataupun plafon. Jika masih. Anda juga harus lebih efisien menggunakan air di rumah dengan menutup keran air setelah selesai pemakaian.
  • Gunakan Transportasi Umum
    Ada banyak pilihan transportasi seperti ojek, TransJakarta, bus, commuterline, atau yang lainnya dan Anda bisa pilih sesuai tujuan dan kebutuhan. Menggunakan trnsportasi umum akan menghemat pengeluaran hingga 25 persen walaupun lebih nyaman mengguanakn kendaran sendiri.
  • Membuat Menu Makan untuk Seminggu
    Buatlah rencana menu makan selama satu minggu. Karena, dengan menyusun daftar menu mingguan akan sangat membantu Anda dalam mengontrol pembelian bahan makanan yang dibutuhkan. Belanja menjadi lebih terkendali dan tidak mubazir.
  • Gaya Hidup Sehat
    Biasakan untuk melakukan pola hidup menjadi lebih baik. Dengan menjaga pola hidup sehat, Anda akan meminimalisir risiko sakit. Dengan demikian biaya untuk kesehatan pun sangat rendah.
  • Kurangi Nongkrong
    Sesekali nongkrong bersama teman-teman sih boleh saja, tetapi tidak boleh dilakukan setiap hari. Karena sekali nongkrong mungkin Anda bisa menghabiskan Rp 50.000 bahkan bisa lebih hanya untuk satu cangkir kopi.pikirkan jika Anda kongko –kongko sangat sering berapa pengeuaran yang harus dikeluarkan. Anda bisa mengeluarkan lebih dari Rp 1.000.000 hanya untuk biaya hangout per bulan. Sayang, kan? Cukuplah 2-3 kali untuk hangout bareng teman.

Sumber : http://griyakuindahselaras.com/