Home –  Berita – Bikin Rumah dengan dana Minim? Susun Langkahnya dan Pasti Bisa!

Bikin Rumah dengan dana Minim? Susun Langkahnya dan Pasti Bisa!

Emang bisa bikin rumah dengan budget minim? Siapa bilang nggak bisa. Yang penting sebelum bikin rumah pastikan dulu punya persiapan dan rancangan khusus terkait dengan dana kamu yang bisa dibilang minim. Bukan berarti miskin ya! Hanya rejeki berupa uang banyak belum berpihak kepada kamu.

Yakin saja, dibalik semua itu ada hikmahnya kok! Contohnya iya itu tadi, kamu bisa mengakali pembuatan desain rumah impian. Daripada 30 juta habis buat mengontrak. Iya benar dalam hitungan tahun ngontraknya. Tapi kan tinggal di rumah orang.

Jangan terlalu melihat ke arah desain rumah mewah nan bagus. Tapi lihatlah seberapa kuat kemampuan kamu dalam membuat desain suatu rumah. Segala hal tidak harus instan jadi. Tapi perlu sebuah proses. Misal saat ini tingkat kemampuan kamu ada di desain rumah minimalis lantai satu.

Siapa tahu 2 atau 3 tahun ke depan bisa dikembangkan menjadi lantai 2. Atau malah diperluas rumahnya. Yang penting rejeki datang dengan halal, InsyaAllah rumah menjadi berkah bagi keluarga.

Lalu apa yang perlu dipersiapkan untuk membangun desain rumah? Niatkan dulu membangun rumah agar tercipta sebuah hunian yang nyaman, bikin kamu betah untuk menempati. Dan berikut langkah-langkah membuat rumah dengan dana minim, monggo disimak:

  1. Buat list rencana pembangunan. Dimulai dari dana, luas dan ukuran bangunan, serta target selesai pembangunan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada perubahan dalam proses pembangunan berlangsung. Contoh untuk masa pembangunan ternyata jadwalnya mundur atau molor dari rencana yang ditentukan tentunya akan menambah biaya bukan!
  2. Pilih desain rumah minimalis. Karena desain rumah yang minimalis pemakaian bahan lebih hemat dan pembuatannya pun tidak perlu waktu lama.
  3. Pilih bentuk bangunan model persegi atau persegi panjang yang mudah dikerjakan daripada bentuk bangun ruang lain.
  4. Survey harga bahan material bangunan. Keluar masuk toko pun tak masalah demi mendapat harga yang sekiranya cocok dengan kantong kamu.
  5. Pilih jasa arsitek/tukang yang bermutu cara kerjanya, karena akan mempengaruhi tingkat efisien dari proses pembangunan.
  6. Bangun rumah kamu secara bertahap, dari pondasi, kerangka, pendirian sampai pemasangan atap dan sesuaikan dengan dana kantong. Mungkin agak lama, tapi kamu jadi fokus untuk tahap pembangunan selanjutnya.
  7. Biar lebih hemat lebih baik pilih bahan-bahan dari lingkungan sekitar. Baik batu bata, kayu, bambu dan lain-lain yang tersedia di sekitar kamu.
  8. Buat ruangan yang fungsinya lebih dari satu macam. Misal ruang makan menyatu dengan dapur.