Home –  Kesehatan – Kenapa Banyak Orang Takut Ke Dokter Gigi?

Kenapa Banyak Orang Takut Ke Dokter Gigi?

dokter gigi

Didalam melakukan perawatan gigi ternyata menggosok gigi dengan pasta gigi secara rutin saja belum cukup. Gigi perlu sebuah perawtan yang lebih intensif dan professional. Terutama untuk gigi-gigi sensitive atau yang sudah terlanjur mengalami kerusakan.

Hal yang sangat dianjurkan adalah melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setidaknya dalam kurun waktu 6 bulan sekali, dan rajin melakukan konsultasi supaya gigi tetap sehat. Namun sayangnnya kebanyakan dari kita baru pergi ke dokter gigi ketika giginya sakit saja.

Tidak jarang pula banyak orang yang merasa takut ketika harus pergi ke dokter gigi, padahal ketika permasalahan gigi ini terlambat mendapatkan penanganan akan bisa mengakibatkan penyakit yang lebih berbahaya lagi.

Diantara penyebab kenapa banyak orang merasa takut jika ke dokter gigi adalah karena mereka menganggap peralatan yang digunakan cukup menyeramkan. Walaupun sebenarnya tidak, apalagi saat ini semua peralatan yang digunakan sudah canggih dan desainnya juga human friendly sehingga akan membuat nyaman pemakainya.

Bukan hanya dokter giginya saja, para penyedia yang jual dental unit pun sudah menyesuaikan bagaimana kebutuhan pasien. Sehingga dental unit yang disediakan tidak akan membuat orang takut ketika akan memeriksakan gigi mereka.

Kebanyakan desain detal unit kini sudah menyesuaikan dengan bentuk tubuh, sehingga ketika digunakan akan terasa nyaman. Dimana bisa diatur sesuai kebutuhan seperti dinaikan atau diturunkan. Selain membuat pasien nyaman, hal ini tentu saja akan memudahkan dokter gigi dalam melakukan perawatan atau pemeriksaan.

Sistem penggerak yang digunakan adalah berupa system hidrolik, pneumatic dan juga motor listrik. Hukum pascal dipakai dalam dental unit yang memakai system hidrolik, dimana prinsip kerjanya hampir sama dengan dongkrak hidrolik.

Saat pedal diinjak oleh dokter gigi, tekanan fluida di dalam bejana akan disalurkan ke kusi pasien sehingga akan memperoleh gaya keatas. Untuk system pneumatic adalah dengan system transfer daya dengan udara yang bertekanan sebagai fluida-nya. Sedangkan untuk system motor listrik yang dipakai adalah roda gigi atau gear yang disambungkan ke system kelistrikan baik AC maupun DC. Roda gigi ini mempunyai peran utama untuk mengurangi atau menambah putaran yang digunakan untuk menaik-turunkan kursi gigi.