Home –  Sistem keamanan – Perbedaan CCTV Analog dan IP camera

Perbedaan CCTV Analog dan IP camera

Perbedaan CCTV Analog dan IP camera – Di zaman yang sudah modern ini kemajuan teknologi sistem keamanan juga mengalami kemajuan yang cukup pesat, terbukti dengan hadirnya CCTV Wifi atau IP camera dan juga smart IP camera. Namun kendati seperti itu masih banyak pengguna yang memakai CCTV dengan sistem analog, baik untuk di rumah, ruko maupun di kantor. Hal ini dimungkinkan karena ketidaktahuan pengguna perbedaan CCTV analog dan IP camera, dan pada artikel kali ini admin akan mencoba memberikan penjelasan secara singkat, mengenai perbedaan antara kedua perangkat sistem keamanan tersebut.

CCTV Analog

Pengertian CCTV (Closed circuit television ) Analog adalah kamera sistem keamanan biasa yang menggunakan kabel coaxial, dan membutuhkan televisi atau LCD untuk mereview gambar yang dihasilkan gambar. Kemudian untuk media penyimpanan gambarnya harus membutuhkan DVR (Digital Video recorder). Secara Visual CCTV analog masih memilki gambar dengan kualitas rendah, warna yang flat, dan pixel yang rendah yang membuat gambar kurang terlihat jelas. Secara sistematis siaran seperti yang sudah dikatakan di awal bahwa kamera ini membutuhkan kabel sebagai sambungan ke DVR, sehingga secara instalasi analog menjadi lebih sulit dibandingkan CCTV Wifi atau IP camera.

CCTV Wifi / IP camera

Secara fungsi IP camera sama saja dengan CCTV Analog, hanya saja lebih canggih dan sistemnya juga sudah digital. Seperti namanya bahwa kamera ini memiliki IP (Internet Protocol) yang memungkinkannya dapat di akses melalui jaringan internet. IP camera dibekali dengan inovasi jaringan nirkabel atau tanpa kabel, yang memudahkan pengguna melihat rekaman kamera tersebut bahkan secara live streaming. Secara instalasi IP camera juga lebih mudah karena tidak membutuhkan kabel serta membuat jalur untuk instalasinya, yang mana hal tersebut harus dilakukan pada CCTV analog.

Secara ringkas bahwa kedua perangkat sistem keamanan ini memang memilki perbedaan yang signifikan, namun pada fungsinya masih sama, yakni untuk mengawasi area yang tercover. Tetapi belum lama ini para produsen sistem keamanan menciptakan sebuah perangkat yang disebut smart IP camera, yang mana perangkat tersebut adalah kamera pengawas yang dibekali fitur pintar seperti pengendalian arah dari jarak jauh melalui jaringan internet, speaker aktif, alarm, bahkan stranger detection untuk mengenali orang asing.

Demikian adalah ulasan mengenai perbedaan CCTV analog dan IP camera secara ringkas, bagi anda yang sedang mencari IP camera atau CCTV untuk pemasangan baik itu dirumah, kantor, ruko, gudang dan lainnya kami merekomendasikan untuk ke jakartaCCTV.co.id yang merupakan distributor CCTV terbesar dan terlengkap di indonesia, yang menyediakan kamera CCTV dari berbagai macam brand ternama di dunia.