Home –  Uncategorized – Pintu Gebyok Bali

Pintu Gebyok Bali

Tips Merawat Pintu Gebyok Bali

Di Bali banyak rumah penduduk ataupun tempat bangunan yang menggunakan gebyok.  Budaya gebyok sendiri berasal dari kota Jepara yang dikenal kota ukir. Namun, sekarang gebyok telah menyebar ke banyak daerah seperti Jogja, Solo, Kudus, Jepara bahkan Bali merupakan tempat yang paling banyak menggunakan gebyok. Warna yang terdapat pada pintu gebyok bali dominan dengan warna abu-abu dan dikombinasikan dengan warna putih, dan kuning emas sehingga menciptakan nuansa etnis yang khas pada gebyok bali tersebut.

Berbeda dengan gebyok Bali, gebyok  jawa memiliki ukiran yang  biasa. Sedangkan pada gebyok bali memiliki ukiran dengan ciri atau adat orang bali, seperti ukiran Dewa atau menggambarkan penari bali. Untuk masalah harga, harga gebyok jawa lebih murah karena memiliki ukiran yang tidak serumit gebyok bali. Rumah jawa gebyok, biasanya dari rumahnya dengan tampilan desain yang lebih tradisional, mulai dari dinding, sekat dan pintu menggunakan gebyok. Meskipun terkesan kuno namun desain rumah gebyok memiliki nilai seni yang tinggi dan lebih menarik. Biasanya daerah yang masih terdapat rumah gebyok berada di Jogjakarta, Solo, Jepara, atau di Jawa Timur. Bila Anda memiliki rumah gebyok, Anda harus pandai membersihkan ukiran-ukiran yang ada pada gebyok. Berikut caranya:

 

  1. Gunakan kemoceng untuk membersihkan debu sampai ke sela-sela ukiran.
  2. Gunakan bambu seukuran pensil kemudian dibalut menggunakan kain, lalu masukkan ke ukiran-ukiran yang dalam atau sempit. Sehingga bersih dari debu yang sudah lama menempel pada ukiran.
  3. Ambil kuas dan sunpolish, kemudian dilumuri minyak kayu dengan kuas. Biarkan minyak itu meresap ke dalam pori-pori kayu, biarkan seperti basah.
  4. Bila ada bagian kayu yang dimakan binatang kecil yang menyusahkan bubuk di bawahnya, dapat dibasmi dengan lentrek atau dapat juga dilumuri minyak tanah.

 

Selain rumah gebyok, sekarang ini tak sedikit orang memadukan desain modern dengan tradisional, sehingga terkesan unik dan cantik seperti halnya rumah dengan pintu gebyok. Tak hanya rumah gebyok, rumah modern pun juga dapat menggunakan pintu gebyok. Dengan memilih ukuran yang pas dan warna yang serasi tentunya akan menambah keindahan gebyok.