Home –  food – Gaya Makan Liwetan yang Kini Banyak Diminati

Gaya Makan Liwetan yang Kini Banyak Diminati

Liwetan

Liwetan

 

 

Akhir-akhir ini, gaya makan liwetan sedang hits dan menjadi tren. Konsepnya sendiri yaitu mengikuti gaya makan zaman dulu yakni dengan menggunakan alas daun pisang, yang artinya tanpa piring. Makannya pun secara lesehan, duduk di lantai dan harus menggunakan tangan. Sangat tradisional dan Indonesia banget bukan?

Gaya makan seperti ini pada awalnya berasal dari tanah Jawa. Liwet sendiri diambil dari cara memasak nasi yang dicampur dengan sedikit santan, sereh, salam dan lengkuas. Bantuknya hampir mirip dengan nasi uduk betawi, hanya saja nasi liwet biasanya disajikan dengan taburan ikan teri goreng sebagai lauknya.

Liwetan sendiri identik dengan nasi yang disusun memanjang bersama tumpukan aneka lauk dan disantap bersama keluarga. Yang istimewa dari liwetan ini biasanya disusun sepanjang jumlah keluarga sehingga semua anggota keluarga bisa makan bersama tanpa terpisah kursi atau meja. Sensasinya lebih seru dan menambah rasa kekeluargaan, bukan?

Liwetan juga menjadi irit pemakaian piring dan aneka perlengkapan dapur lainnya. Setelah selesai makan, hanya dengan melipat daun pisang dan membuangnya ke tempat sampah, selesai. Setelahnya, kamu bisa santai atau bergurau bersama orang-orang terdekat atau keluarga kamu. Makanan sederhana bergaya liwetan ternyata punya keseruan yang patut kamu coba. Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin liwetan, berikut tips yang patut kamu coba agar liwetan di rumah kamu akan jadi lebih istimewa :

  • Mengganti nasi liwet

Nasi liwet bisa kamu pakai dengan nasi putih, nasi merah atau nasi uduk, atau bahkan nasi kuning. Dengan begini, liwetan yang kamu bikin nanti akan menjadi liwetan yang anti mainstream dan lebih spesial.

  • Lauk

Jangan sampai lupakan lauknya. Makin banyak dan bervariasi lauk yang disediakan, liwetan kamu akan semakin “ramai”. Biasanya aneka pilihan lauk antara lain, ayam, ikan, asin, cumi, tahu, tempe, telur dan yang harus ada tentu saja sambal.

  • Sayuran

Sayuran di Indonesia yang paling praktis dan nikmat adalah lalapan. Selain itu, tumis, kangkung, pecel, urap, karedok dan lain-lainnya bisa jadi variasi yang tentu saja akan menambah kelezatan.

  • Sambal

Ini adalah kunci. Sambal tak boleh dilewatkan. Kalau perlu siapkan sambal dalam jumlah yang banyak. Menjadi suatu keharusan dan akan sangat mempengaruhi citarasa bila kamu atau keluarga kamu pencinta sambal. Karena liwetan tanpa sambal pasti sangat berbeda dan tak membikin berselera.

  • Kerupuk

Sama halnya seperti sambal, kerupuk kadang dianggap tak terlalu berpengaruh dalam liwetan. Padahal, bagi beberapa orang, kerupuk adalah elemen penting yang wajib ada. Kriuknya dan gurihnya kerupuk menjadi sesuatu yang khas dan menjadi sesuatu yang cukup penting dalam liwetan.

  • Jengkol dan Pete

Jengkol atau pete menjadi makanan wajib lainnya yang harus ada dalam liwetan. Perpaduan antara nasi liwet, lauk pauk, sambal, kerupuk dan juga jengkol atau pete adalah kenikmatan yang tiada tara. Meski tak semua orang suka sama jengkol dan pete, kiranya dua makanan ini wajib ada dalam suatu liwetan.

  • Pencuci mulut

Pencuci mulut yang paling mudah didapat adalah buah-buahan seperti pisang, jeruk, dan buah-buahan lainnya. Pilihlah buah yang simple namun memiliki vitamin yang cukup dan tak terlalu bikin kenyang.

Disantap bersama orang-orang terdekat dan juga keluarga menjadikan liwetan akan semakin ramai dan hangat. Selain itu liwetan juga bisa dijadikan ajang menjalin hubungan baik dengan orang-orang sekitar. Buat kamu yang belum pernah merasakan nikmatnya makan secara liwetan, segeralah mencobanya. Yuk liwetan yuk!