Home –  Kesehatan – Tips Persiapan Persalinan Agar Ibu Hamil Tenang

Tips Persiapan Persalinan Agar Ibu Hamil Tenang

Sebagai seorang wanita, menjadi seorang ibu merupakan hal terbesar yang paling diinginkan di dalam hidupnya. Hamil adalah satu satunya hal yang didambakan ketika sudah menikah. Apalagi untuk kehamilan pertama yang harus super dijaga dan dirawat dengan baik. Dalam masa kehamilan yang pertama kali memasuki usia kehamilan trimester tiga pasti calon ibu akan sering merasa cemas. Kecemasan yang paling sering terjadi yaitu ketika ibu hamil yang akan merasakan kurangnya persiapan persalinan nanti. Persiapan yang dimaksudkan adalah bukan hanya dalam hal perlengkapan persalinannya saja tetapi adanya persiapan fisik, psikologi dan juga dukungan orang terdekat.

Melakukan persalinan dengan tenang dan rileks adalah hal yang diidamkan oleh semua ibu hamil. Untuk menciptakan perasaan yang tenang itu tidak hanya dari diri ibu hamil saja, tetapi dukungan yang penuh dari beberapa orang terdekat di sekitar kita. Orang terdekat memang sangat berperan penting dalam persiapan menjelang persalinan ibu hamil, terutama untuk suami sendiri harus sebisa mungkin memberikan perhatian dan pengertian yang lebih kepada istri yang sedang hamil. Namun, ternyata masih banyak ibu hamil yang belum bisa menyikapi rasa kecemasan di usia kehamilan yang trimester. Berikut ini ada beberapa persiapan persalinan yang perlu ibu hamil lakukan agar persalinan nanti berjalan dengan lancar, serta ibu dan anak dalam keadaan yang sehat.

persiapan rencana persalinan yang harus di sediakan

  • Persiapan Mental

Tidak hanya fisik saja yang harus dipersiapkan saat menjelang persalinan. Namun, persiapan mental juga perlu sekali diperhatikan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan, sebaiknya metode persalinan yang seperti apa yang baik. Persalinan normal tidak harus dilakukan, jika kondisi fisik ibu hamil tidak memungkinkan maka akan disarankan untuk caesar.

  • Menyiapkan Tempat Bersalin

Untuk menyiapkan tempat bersalin, sebaiknya ibu hamil mempersiapkan tempat untuk bersalin yang tepat. Misalnya rumah sakit yang terdekat dari rumah akan membuat persiapan persalinan menjadi lancar. Agar suatu saat akan melahirkan tiba-tiba, bisa dengan cepat dilarikan ke rumah sakit terdekat.

  • Paham Tanda Persalinan

Untuk persiapan yang lebih matang, ibu hamil sebaiknya mencari tahu lebih lanjut tentang tanda persalinan. Misalnya tanda menjelang persalinan seperti kontraksi yang dialami ibu hamil seperti apa.

Itulah beberapa tips agar persiapan persalinan ibu hamil dapat di atasi dengan baik. Selain beberapa tips di atas, membeli perlengkapan bayi juga sebagian dari persiapan menjelang persalinan. Untuk perlengkapan bayi, Anda perlu sekali menyiapkan beberapa peralatan baby care seperti bedak bayi, lotion, sabun, shampo, dan lainnya. Namun, jika Anda masih bingung memilih produk perawatan bayi yang lengkap dan aman, gunakan saja baby care dari produk Zwitsal yang akan selalu merawat tubuh bayi dengan kenyamanan di setiap harinya.

referensi artikel https://www.zwitsal.co.id/momen-kehamilan/persiapan-menghadapi-persalinan