Home –  Uncategorized – Apa itu Kompensasi Pencahayaan dan Cara Menggunakannya?

Apa itu Kompensasi Pencahayaan dan Cara Menggunakannya?

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang jual kamera kompensasi pencahayaan apa yang ada di kamera digital dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan penyesuaian terhadap paparan Anda saat memotret dalam mode kamera seperti prioritas aperture, prioritas rana, mode program dan mode pemandangan lainnya. kamera mu. Setiap kamera modern saat ini memiliki kemampuan built-in untuk menyesuaikan pengaturan pencahayaan agar lebih mudah mengekspos gambar dengan benar. Secara sederhana, idenya adalah bisa mengendalikan kecerahan gambar, sehingga tidak sampai terlihat terlalu terang atau terlalu gelap. Untuk dapat melakukan ini, seseorang harus menggunakan fitur Kompensasi Paparan, yang biasanya disediakan sebagai tombol khusus pada kamera, atau sebagai tombol yang dapat berpindah dari kompensasi paparan positif ke negatif. Mari kita lihat bagaimana Anda bisa memanfaatkan fitur hebat ini di kamera Anda dan mengendalikan sepenuhnya keterpaparan Anda. toko kamera

Sebelum kami menunjukkan di mana Anda dapat menemukan fitur kompensasi pencahayaan pada kamera Anda, mari jelajahi apa yang dilakukannya dan dalam mode kamera apa fitur itu dapat digunakan. Tapi pertama, pastikan untuk memiliki pemahaman yang solid tentang segitiga paparan dan pahami sepenuhnya bagaimana aperture, kecepatan rana dan kerja ISO dan berhubungan satu sama lain.

Apa itu Kompensasi Paparan?
Kompensasi Eksposur memungkinkan fotografer mengesampingkan pengaturan pencahayaan yang dipetik oleh meteran cahaya kamera, untuk menggelapkan atau mencerahkan gambar sebelum ditangkap. Karena meter kamera bekerja dengan mengevaluasi pencahayaan yang dipantulkan subjek dan distandarisasi pada abu-abu tengah (juga dikenal sebagai abu-abu 18%), kapan pun kamera diarahkan pada sesuatu yang sangat gelap, meteran akan bekerja dengan cara yang berlawanan dengan mencerahkan pemaparan, sedangkan Subjek yang sangat terang akan menyebabkan meter untuk menggelapkan pencahayaan. Hal ini dilakukan agar sedekat mungkin dengan abu-abu tengah mungkin, sehingga gambar yang dihasilkan tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Meskipun ini berhasil dengan baik dalam kebanyakan kasus, orang mungkin mengalami keterbukaan atau kekurangan pencahayaan dalam kondisi pencahayaan yang lebih menantang, di mana meteran kamera mungkin menyesuaikan pencahayaan terlalu agresif. Di sinilah Kompensasi Pencahayaan ikut bermain, dengan fotografer secara manual mengendalikan kecerahan gambar dan mengesampingkannya dengan menggunakan fitur kompensasi pencahayaan kamera.

Mari kita lihat sebuah contoh, di mana sistem metering kamera saya melakukan pekerjaan yang buruk dengan benar mengekspos adegan tersebut:

Meter Kamera – Gambar yang kurang terang
Gambar yang kurang terang berdasarkan meteran kamera (ditembak dalam Mode Prioritas Bukaan)
DSC-RX100M4 + 24-70mm F1.8-2.8 @ 10.15mm, ISO 200, 1/13, f / 11.0
Saat memotret dengan mode Aperture Priority, meteran kamera berakhir dengan underexposing gambarnya, karena pemandangannya agak menantang – langit dan pasir putih di latar depan cerah, jadi kamera akhirnya membuat keseluruhan gambar menjadi gelap, yang mengakibatkan subjek saya dalam adegan yang tampak terlalu gelap.

Untuk mengatasi masalah ini, saya menggunakan fitur Kompensasi Pencahayaan pada kamera saya dan memutar nomor +1 EV (Exposure Value), yang menghasilkan gambar yang lebih terang:

Meter Kamera – Gambar yang Dipakai dengan Benar
Gambar terpapar dengan benar setelah memanggil +1 EV menggunakan Kompensasi Paparan
DSC-RX100M4 + 24-70mm F1.8-2.8 @ 10.15mm, ISO 200, 1/6, f / 11.0
Gambar sekarang benar terkena, dengan seluruh adegan yang muncul jauh lebih terang dibandingkan dengan apa yang kamera pikir adalah kecerahan yang tepat. Dengan menggunakan fitur Exposure Compensation dari kamera, saya bisa mengatasi masalah ini dalam hitungan detik.

Catatan: Jika Anda bertanya-tanya bagaimana mode pengukuran yang berbeda memengaruhi gambar Anda, lihat artikel terperinci tentang Mode Metering Kamera.

Cara Menggunakan Kompensasi Eksposur?
Untuk menggunakan kompensasi pencahayaan, Anda harus berada di salah satu mode kamera yang menggunakan meteran kamera, seperti prioritas aperture, prioritas rana, mode program, atau mode “pemandangan” lainnya yang melakukan penyesuaian paparan otomatis. Jika tidak ada yang mengaktifkan Auto ISO, kompensasi eksposur sama sekali tidak ada dalam mode Manual. Setelah mode kamera yang tepat dipilih, Anda dapat menyesuaikan kecerahan gambar dengan menggunakan fitur kompensasi pencahayaan kamera.

 

Jadi, di mana Anda bisa menemukan fitur kompensasi eksposur pada kamera? Sayangnya, semuanya bervariasi dengan membuat kamera dan model. Sementara kebanyakan kamera akan memiliki tombol khusus di bagian atas atau belakang kamera, beberapa kamera mungkin hanya memiliki fitur ini melalui tombol panggil.