Home –  Tips – Tips Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Sama Sekali

Tips Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Sama Sekali

anak tidak mau makan sama sekali

Si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat rentan terhadap penyakit. Ketika sedang sakit, biasanya nafsu makan anak akan menurun. Dalam beberapa kasus, setelah sembuh pun nafsu makan terkadang tidak juga kembali. Pada keadaan yang ekstrem, anak bisa saja enggan makan sama sekali dan hanya mengkonsumsi susu atau camilan. Padahal untuk menjaga daya tahan tubuhnya, anak memerlukan gizi dan vitamin yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Hal tersebut tentu mengkhawatirkan bagi orang tua. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda perlu tahu beberapa tips mengatasi anak tidak mau makan sama sekali yang dapat dicoba di rumah.

  1. Ganti camilan anak dengan yang lebih sehat

Bila buah hati Anda tidak ingin makan makanan berat dan hanya ingin camilan, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mengganti camilan tersebut dengan sesuatu yang lebih sehat dan memenuhi kebutuhan gizinya. Daripada memberi cookies, cracker, atau keripik, coba untuk memberi mereka sereal dengan susu, buah-buahan, kentang goreng dan sayuran, atau roti lapis.

  1. Berikan jus sebagai selingan

Ada kalanya anak yang sedang tidak nafsu makan tidak ingin memakan makanan padat. Beberapa mungkin hanya ingin minum susu. Untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi lainnya yang tidak disediakan oleh susu, cobalah untuk memberi jus sebagai minuman selingan. Anda juga bisa mencampur jus ke dalam susu si kecil.

  1. Sajikan makanan dalam porsi kecil

Salah satu cara untuk meyakinkan anak tidak mau makan sama sekali yakni dengan menyajikannya dalam porsi kecil. Biarkan anak Anda mencoba terlebih dulu. Porsi makanan yang besar bisa saja membuat anak merasa terbebani dan malah tidak ingin makan sedikitpun. Anda dapat menyajikan makanan dalam porsi kecil pada rentang waktu yang pendek, tiga jam sekali misalnya. Itu akan lebih baik daripada memberi mereka makan dalam porsi besar namun pada jeda waktu yang panjang.

Itulah beberapa tips mengatasi anak tidak mau makan sama sekali. Anda juga tidak perlu berekspektasi tinggi pada anak dan biarkan mereka menikmati makanan dengan caranya masing-masing.