Home –  Teknologi – Cara Menghindari Tindak Kejahatan Skimming ATM

Cara Menghindari Tindak Kejahatan Skimming ATM

Indonesia berhutang budi kepada nasabah perbankan yang sadar bahwa isi uang dalam rekening mereka telah habis.

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

Tindakan penangkapan kriminal sebenarnya bukanlah prosedur kriminal baru dengan menggunakan perkembangan teknologi terbaru.
Sekolah berbasis Refattan.id di Yogyakarta memberikan tips untuk mencegah Anda menjadi korban ATM.

1. Lihatlah lokasi dan perhatikan dengan teliti mesin ATM
Pilih ATM yang tidak kosong di mana orang dapat dihubungi. Skema ATM biasanya memilih ATM yang tenang dan tertutup. Periksa kembali kartu dan bantalan tombol di ATM.

Sebelum Anda pergi ke kartu ATM, itu ide yang baik untuk memeriksa pintu masuk kartu terhadap sesuatu yang aneh atau tidak, seperti tanda lem atau tempat di mana kartu tidak bertemu. Periksa keypad atau tombol angka di mesin ATM.

2. Jalankan percobaan terlebih dahulu
Anda dapat memindahkan sistem skimmer dengan memasukkan PIN yang salah saat memasukkan kartu ATM untuk pertama kalinya. Karena PIN salah, ATM akan meminta Anda untuk kembali memasukkan nomor PIN Anda. Masukkan PIN yang benar dalam upaya kedua.

Hati-hati jangan salah PIN atau kartu Anda diblokir. Jangan lupa memegang tangan Anda saat memasukkan PIN. Ini menghindari kamera tersembunyi dipasang.

3. Alternatif lain untuk mengambil uang
Anda juga dapat menggunakan smartphone untuk mengambil uang. Beberapa ATM dan Bank di Indonesia kini memiliki sistem yang menggunakan kartu ATM tanpa kartu. Yang terbaik adalah meminta layanan pelanggan Bank mengenai fitur ini.

4. Manfaatkan fitur aplikasi perbankan di smartphone
Dalam aplikasi perbankan resmi biasanya ada fitur pemberitahuan. Memungkinkan fitur pemberitahuan atau pemberitahuan dari setiap transaksi keluar, sehingga Anda dapat dengan cepat memblokir dan melaporkan kepada Bank jika terjadi transaksi yang mencurigakan.

Selalu perbarui data bank Anda, dan jangan beri tahu data orang lain. Tip terakhir ini mungkin banyak malas melakukannya.